100 Hari Menabung Bitcoin ( Konsistensi)

Sebelum membaca tulisan ini lebih jauh, saya ingin menekankan bahwa seratus hari pertama saya menabung bitcoin ini adalah tentang belajar konsistensi. Bukan sekedar angka, apalagi selisih untung dan rugi.

Saya agak lupa bagaimana saya mengenal Bitcoin. Dulu awal-awal saya belajar crypto, saya lebih memahami bagaimana konsep Blokchain berjalan. Kemudian iseng trading hingga akhirnya melihat crypto sebagai peluang cuan. Sifat dasar manusia, rakus.

Diantara banyak Crypto, Bitcoin adalah market terbesar saat ini. Tapi saat itu saya belum meliriknya. Volatilitisnya dibanding koin dan token lain jauh lebih kecil. Bayangkan misal dulu kamu menaruh Luna, sebelum rugpull. Kamu bisa untung 100% dalam beberapa hari. Beda dengan bitcoin yang pergerakannya sangat lambat naik dan turunnya.

Bitcoin sebagai Market cap terbesar
Profit 100% Luna
Profit 100% Azero

Untung dan nyangkut datang silih berganti. Kesabaran demi kesabaran diuji. Semakin lama akhirnya saya belajar untuk lebih memahami, bahwa koin dan token lain tak ada yang setangguh bitcoin, dengan konsep decentralized yang benar-benar murni.

Bitcoin adalah pola pikir bagi saya. Jaman dulu mana pernah saya menabung, uang datang dan pergi. Menikmati hidup, saat tak ada uang berarti harus kerja kembali. Tapi bitcoin mengubah itu semua, sistem kerjanya yang menggunakan Proof Of Work mengubah cara pandang akan uang. Kita dipaksa dengan sukarela kembali belajar sejarah uang. Menghargai jerih payah dan mulai menyadari menyisihkan uang untuk sekedar menabung.

Mengenal Bitcoin, yang kita tabung adalah harapan. Bukan adu nasib bermain future untuk mendapatkan cuan dalam waktu singkat. Kita belajar konsisten menabung tiap hari. Nominal pun tidak usah terlalu besar. Ada sisa beli makan 1.500 rupiah bisa kita tabung di @Roaringstars Lightning Atm. Biasanya beli kopi dan makan sebesar 25.000 rupiah, kita kurangi kopi untuk disisihkan ke Bitcoin. Pola pikir itu yang sekarang mulai terbentuk di saya. 100 hari konsistensi, bukan sekedar untung rugi.

Hari pertama Nabung Bitcoin Bulan Maret
Hari ke -99 Masuk 100 Bulan Juni

Maka 100 hari ini, dengan pencatatan yang tak rapi, saya tidak menghitung untung rugi.

Dengan mental yang tumbuh. Saya merayakan dengan hati yang baru, pola pikir yang baru, untuk terus konsisten memilih jalur menabung Bitcoin. 100 hari kedua dan seterusnya saya akan bikin pencatatan lebih rapi. Lalu akan saya bagikan kepada kalian, semoga diberikan kesehatan dan umur panjang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.