Kuliner Plantbased Curry Katsu dari Sehat Gan Resto

Ruang manusia soal rasa terus diperkaya. Bergerak dari satu menu ke menu lainnya. Banyak istilah hadir, namun entah kenapa suka dengan gaya hidup Plantbased, vegan, vegetarian. Entah sampai kesukaan itu ada, kapan tak pernah tahu. Mungkin ini hanya soal cerita rasa..

Tepat setiap malam atau sore menjelang, sebuah restoran mengirimkan pesan. Broadcast menu aneka rasa, yang sebenarnya sangat menarik dicoba. Sebelum melangkah lebih jauh, saya ingin tegaskan saya tak dibayar untuk tulisan ini. Hanya sedikit catatan rasa. Bahwa makanan enak, dan mungkin sehat, juga tak mahal, sepertinya menarik untuk diceritakan. Barangkali nanti, saat temen-temen mulai memilih Plantbased, akan bertemh dengan menu makanan pilihannya.

Hari itu, menu yang ditawarkan oleh rumah makan Sehat Gan adalah Curry Katsu. Jelas tak ada produk hewani disana. Hanya sayuran yang diolah dengan bumbu rasa yang kaya.

.

Untuk satu menu Curry Katsu dibandrol dengan harga IDR 25 ribu. Secara tempat penyajian pun tak ada yg istimewa. Cukup sederhana dengan kertas karton putih bertuliskan logo Sehat Gan di sana.

Bicara soal rasa. Saya ingin membagi menjadi 3 bagian. Nasi, gorengan pada katsu juga tentang bumbu currynya.

Soal nasi, pasti orang di Indonesia paham. Karena lebih 80% itu menjadi makanan pokok kita. Tapi konon, pada makanan ala Jepang seperti Hokben, nasi yang pulen dan lembut menjadi kunci. Di sini jika mau membandingkan, nasinya mungkin tidak sepulen hokben. Tapi karena saya suka nasi yang agak keras, maka saya sudah cocok dengan menu ini.

Bergeser kepada gorengan pada Curry katsu. Kita disuguhkan dengan 6/7 potong gorengan. Saya agak lupa detailnya, tapi kalian bisa lihat di video nanti. Saya menduga, protein yang digunakan menggunakan jamur. Bagi menu plantbased, jamur memang sering digunakan untuk pengganti daging. Serat dan texturenya yang diolah dengan tepat membuat rasa dan bentuk yang hampir mirip. Saya suka dengan teknik menggorengnya, lapisan luarnya ada sensasi “kriuk” saat dimakan. Dalamnya juga lembut. Terlihat ada tangan ahli di sana.

Untuk Currynya, harus saya akui kaya akan rasa. Dengan kuah kental berisi kentang, kacang, dan wortel makanan ini harusnya menambah protein nabati yang bagus. Perpaduan nasi, curry dan jamur menjadikan makanan ini pantas untuk dicoba.

Ingin sensasi visual rasa?

Mari mampir dalam YouTube saya.

One thought on “Kuliner Plantbased Curry Katsu dari Sehat Gan Resto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.