Dunia lain pada kabut pagi Ranca Upas

Setiap pagi adalah kisah manis dalam kehidupan. Dan bersyukurlah orang yang masih banyak menghabiskan waktu di alam. Karena barangkali di sanalah keping kedamaian dapat ditemukan.

dji_0301-edit

Pagi dari Ranca

Tidak semua orang punya waktu banyak untuk bepergian lama. Semakin dewasa seseorang, kadang rantai tanggung jawab semakin kekang membelenggu kebebasan. Tak heran, wisata ke tempat yang indah namun dekat dari Ibukota sering menjadi tujuan. Dan Bandung selalu berhasil menjadi jawaban.

Bicara Bandung rasanya tak ada habisnya. Dari kuliner sampai wisata, kota ini selalu menyajikan cerita. Tapi bila mau sedikit bergeser dari pusat kota Bandung, ada satu tempat menarik yang layak dikunjungi. Ranca Upas Ciwidey namanya. Sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung setelah pemekaran kecamatan Rancabali.

Kenapa menarik, lalu apa yang bisa kita lakukan di sana dan aktivitas apa yang menunggu? Berikut keseruannya:

 

  1. Camping Santai di Kampung Cai Ranca Upas

Males naik gunung karena capai, tapi kangen nenda(berkemah) di akhir pekan? Cobalah untuk berkemah di Ranca Upas. Kemah di sana anti ribet. Tinggal parkir kendaraan, lalu buka tenda, dijamin rasa nyaman sudah menyapa kalian. Jika cuaca bertambah dingin pun, kalian tidak perlu pusing mencari kayu bakar. Sudah ada penjual yang menjajakan kayu bakar di sana. Belum puas, ada penyewaan sleeping bagdi sana. Selain itu, warung-warungnya juga menjual aneka indomie yang menggoyang lidah. Jadi kalo kamu rindu camping, tapi gak punya waktu banyak dan males capek, sudah ke Ranca upas saja. Campingrasa bintang lima siap menyambutmu di sana. Tinggal berbagi tawa dengan kawan untuk menghangatkan suasana.

DJI_0301

Hamparan Tenda yang menarik

 

  1. Merasakan indahnya pagi dan kabut yang romantis

Habis tidur nyenyak di tenda, lalu bangun pagi kemudian melihat sekeliling. Sungguh, akan kau temukan keindahan yang kadang tak mampu diungkapkan. Rumput yang basah karena embun, pagi yang mulai tak malu lagi mengintip bumi, benar-benar membuatmu merasakan dunia baru. Dunia indah yang juga mengundang dirimu untuk berfoto-foto ria. Tinggal berjalan menyusuri sudut Ranca Upas, maka engkau akan temukan ketenangan.

dji_0292

Morning View

  1. Bermain di penangkaran Rusa

Selain alam yang indah, Ranca Upas juga terkenal dengan penangkaran rusanya. Kalian bisa masuk dengan membeli 1 ikat wortel lalu memberi makan rusa-rusa tersebut. Jangan lupa minta tolong set-up kamera kawanmu, lalu engkau bisa berpose dengan rusa-rusa yang keren. Bahkan beberapa orang sering menggunakan tempat ini untuk latar foto pre-wedding. Penasaran gak, mau coba?

2

Rusa rusa yang penuh semangat

  1. Hobi fotografi, Ranca Upas ini adalah tempat yang asyik

Entah kenapa, kalau pergi ke Ranca Upas ini shutterkamera saya rasanya tak berhenti untuk bersuara. Setiap sudutnya memang layak untuk diabadikan. Bila kau mau bergeser sedikit dari bumi perkemahan, di situ ada danau kecil yang cukup indah. Untuk foto refleksi jelas tempat ini mampu menghasilkan gambar yang unik. Tinggal banyak exploresudut pandang maka kau akan temukan foto yang menjadi tujuan.

43984422_165318591072620_7023416236528631808_n

Reflection

42721033_411344509399808_2918428963372007424_n

Peace of Mind

42627901_483648722148809_4568530779742666752_n

Peace Of Mind

5. Ranca Upas jelas wisata keluarga

Dari segala cerita yang saya tulis, harus diakui Ranca Upas ini benar-benar tempat wisata keluarga yang pantas untuk dicoba. Untuk anak-anak pun tempat ini tergolong sangat nyaman. Bila kau tak mampu datang sangat pagi pun sebenarnya tak begitu masalah. Ada beberapa zona permainan anak, hingga penangkaran rusa sampai kalian bisa berbelanja buah segar dari penduduk lokal di sana. Membantu menghidupkan ekonomi untuk para penjual setempat.

denah-ranca-upas-perthutani

Peta Ranca Upas ( Sumber : Perhutani )

 

 

 

 

 

Advertisements

10 thoughts on “Dunia lain pada kabut pagi Ranca Upas

  1. Rancup! Tempat main waktu tinggal di Bandung dulu. Pilihan oke buat camping yang gampang sih. Setuju sama tulisanmu, Mas. Hehe.. Kelebihan lainnya, bisa trekking sedikit lebih jauh ke dalam hutan dan buka tenda di sana. Jauh lebih menenangkan kalau suka sepi. Masih boleh kan ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.