Cerita Kopi Joss Dari Jakarta

Apa yang ditawarkan oleh kopi? Apakah segenggam gengsi, sebait rasa atau penghangat suasana. Karena barangkali yang dicari rindu adalah tertawa dalam tempat yang sama. Berbicara akan hangat dan cerita masa muda.

DSC03823

Secangkir kopi sejuta cerita

Jika kopi adalah tentang kesederhanaan. Maka aku harap setiap seduhan hadir bersama kawan, bercerita tentang kehidupan.

Saya tak pandai bila bicara menggenai meracik kopi. Bagiku, kopi adalah hal baik, dorongan merangkai cerita kehidupan manusia dengan segala pemikirannya. Saya masih teringat saat masih duduk di bangku SMP, kakak saya mengajak ke Jogja dan memperkenalkan pada nikmatnya secangkir kopi joss di angkringan. Disitulah saya mengenal istilah ngopi, duduk nongkrong di Angkringan dan jatuh cinta dengan segala cerita di dalamnya.

Waktu itu saya berbicara dalam hati. “ Bajinguk, iku kopi lapo kok gawe areng emang enak rasane.

Iya benar, saya bertanya itu kenapa kopi harus memakai arang, apakah rasanya enak? Hingga saat itu saya belum mengerti benar bagaimana rasanya.

 

DSC03863

Angkringan Kopi Joni -Tongkringan tebet

Kopi ya kopi, tidak lebih.

Seiring berjalan waktu. Saya melihat Kopi punya berbagai makna di kehidupan sekitar saya. Para petani yang berangkat ke sawah pada pagi hari belum lengkap rasanya tanpa secangkir kopi, teman-teman yang ingin memulai bekerja, bahkan untuk berbincang dengan kawan, rasanya juga tak lengkap tanpa secangkir kopi. Benar, kopi telah menjelma seperti doa. Dibacakan dalam memulai hari kala pagi. Hampa rasanya tanpa menyeduhnya.

Kopi menjelma menjadi teman setia, sebuah ritual indah akan hubungan antar manusia. Beberapa tahun ini saya melihat pergeseran menikmati kopi, tumbuhnya berbagi macam toko kopi keren dan menarik membuat minum kopi juga adalah tentang bergaya dan cara hidup. Banyak menawarkan formula, sampai lupa makna minum kopi dengan siapa untuk sekedar merajut tawa.

DSC03872

Jo lali ngopi su

Angkringan Anton -Tongkringan Tebet

Sudah lama sekali saya tidak mampir di angkringan Anton Tebet. Dulu, setelah bekerja, berbincang, tertawa sampai pagi rasanya begitu mudah. Namun usia tidak dapat ditipu, dan tampaknya saya harus sadar dengan itu.

Setelah absen hampir 2 tahun nongkrong di Angkringan Anton atau beberapa mengenalnya dengan angkringan Tongkringan Jakarta. Akhirnya kemarin saya menyempatkan berkunjung kesana.

 

DSC03825

Gorengan, kopi, nasi kucing, sate sundukan semua akan menjadi cerita.

Untung tak dapat ditolak, bahagia merasuk kedalam hati. Kopi angkringan langgan saya kini menjual kopi Joss. Sebuah cerita secangkir kopi dari Jogja yang dibawa kesini. Tak lama setelah berbincang, ucapan menawarkan si penjual pun akhirnya datang. Kopi Joss sudah di tangan. Siap untuk diceritakan.

DSC03847

Ini di Jakarta bung, bukan Jogja. Jadi ada kopi Joss itu sesuatu yang luar biasa

DSC03855

Jangan bodohi kami dengan kopi luar negerimu. Karena kami tak punya uang lebih untuk membeli gaya

Kopi Joss sendiri sebenarnya adalah kopi bubuk  ditumbuk halus. Yang membedakannya adalah saat kopi selesai dituangkan air panas, ada arang yang dimasukkan ke dalam gelas. Benar, sebuah arang. konon dari kayu terbaik di Kalimantan, namanya kayu Samba. Dibakar dengan panas 250 derajat celcius. Arang yang bercampur dengan kopi tersebut akan melepaskan karbon dengan fungsi mengikat racun.

Sensasi rasa minum kopi yang berbeda apalagi di Jakarta.  Hampir semua warung kopinya didominasi mesin modern, dengan pengunjung tampan dan penuh gaya.

DSC03873

Sruputan Tongkringan

DSC03830

Jo lali mangan gorengan cuk

Namun sebenarnya bukan itu yang kupermasalahkan dan ingin kuceritakan. Karena sejatinya adanya kopi Joss Di Jakarta membuatku sedikit terobati mengenai rindunya akan kota Jogja. melawan kemacetan dan kegilaan dengan cinta, tawa dan secangkir kopi Joss tentunya.

DSC03878

Salam hangat dari secangkir Kopi Joss, untuk alamat silahkan lihat disini :

Tebet Timur Dalam Raya No.29, RT.1/RW.8, ( Samping Indomaret )

Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12820

 

Advertisements

23 thoughts on “Cerita Kopi Joss Dari Jakarta

  1. Aku pernah minum kopi Joss yg di Jogja (samping rel itu) kopinya emang enak ntah karena arangnya atau emang jenis kopi yang dipakai. Nanya sama bapak yg jual dia bilang “ga ada resep khusus mbak, biasa aja” hmm…

  2. Ini adalah salah satu kopi yang ingin aku coba saat ke Jakarta tapi sejak pertama kali mengunjungi ibukota hingga tahun ini belum kesampaian. Aku penyuka kopi sepertinya kopi joss ini memiliki kesan tersendiri. Next, semoga aku bisa icip nih kopi joss juga,bang.

  3. Barangkali yang dicari…rasa yang pernah berbekas dihati….
    kopi tubruk emang lebih nyantol ketimbang kopi kekinian atau luar negri..walau ga jago ngeracik juga, walau nyeduhnya cuma kopi merk bis kota bubuk yang bungkusnya kertas coklat dan terkenal di wilayah jatinegara ^^
    singkat cerita..ditunggu review kopi di wilayah jakarta..jadi pingin icip kopi joss ala jogja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.