Benarkah Kita membutuhkan Drone (Review DJI Spark Vs DJI Mavic)

Saya pikir bermain drone bukanlah tentang seberapa tinggi pesawat kita bisa terbang. Tetapi tentang bagaimana kita melihat sudut terbaik dan unik untuk hasil foto yang memuaskan.

DCIM100MEDIADJI_0131.JPG

Sudut Unik Borobudur

 

DJI_0165-Edit-2

Sudut Unik Merapi

Hampir satu tahun saya belajar mengoperasikan drone. Jago pun tidak, pengalaman hanya secuil, dianggap profesional apalagi, masih jauh kesana. Tetapi tentang kesan, mungkin saya  bisa bagi kepada kalian. Apakah memang drone layak digunakan untuk kalian para pejalan yang lebih akrab dengan lumpur, menyusuri hutan demi sebuah kisah yang wajib diceritakan. Atau memang pencari kepuasan jiwa, lewat hobi positif tanpa menebar benih perilaku negatif dimana mana.

Aku masih ingat hari itu, dimana hatiku berdebar dengan kencang saat pertama kali mengoperasikan drone. Bagaimana tidak, sebuah drone dengan harga hampir setara motor Yamaha N-Max saya operasikan pertama kali. Kepingan khawatir demi khawatir pun tersaji didepan mata. Untuk itu mental mungkin harus bicara, skill harus semakin dilatih, dan sedikit jiwa nekad harus tumbuh di hati. Beruntung kala itu saya dapat mentor yang baik, mengajari saya dengan sabar untuk mengetahui seluk beluk memainkan drone. Capt Indra.. ( Cus langsung difollow IG beliau)

Dan berikut sedikit cerita saya tentang Drone, beserta perbandingan sederhana antara DJI Mavic dengan DJI Spark

 

Bentuk dan ukuran ( DJI Mavic vs DJI Spark )

Salah satu alasan kenapa saya akhirnya mengambil drone adalah munculnya seri yang kecil dan praktis. Dimana pilihannya jatuh pada DJI Mavic yang bisa dilipat dan tentu saja sangat praktis untuk dibawa bepergian. Walau akhirnya tidak beberapa lama DJI mengeluarkan seri baru yaitu DJI Spark yang datang ke Indonesia, dimana Drone DJI Spark ini sangat kecil dan menyenangkan.

_DSC2550

Perbandingan Ukuran Mavic dan Spark

_DSC2548

Perbandingan versi lengkap dengan remote

Untuk ukuran sendiri, DJI Spark beratnya 300g sedangkan DJI Mavic beratnya 734g. Dimana Mavic lengannya bisa dilipat, sedangkan DJI Spark tidak. Dari segi kepraktisan saya memilih Spark, yang memang kita tidak butuh ribet bongkar lipat sebelum menerbangkan drone.

 

Kemampuan Kamera ( DJI Mavic vs DJI Spark )

Drone dengan kemampuan jelajah terbang yang tinggi dengan hasil kamera yang bagus adalah sebuah impian. Walau memang terkadang detail objek dari hasil kamera Drone DJI Mavic dan Spark kala malam tentu tidak bisa dibandingkan dengan kamera DSLR model terbaru atau mirrorless dengan perpaduan lensa yang luar biasa. Namun dengan jelajah sudut-sudut yang unik dan penerbangan yang tepat. Hasilnya pun tidak kalah bagus. Berikut hasil kamera Drone DJI Mavic dan perbandingan spesifikasi antara Mavic dan Spark.

Screen Shot 2017-11-30 at 7.08.10 PM

Perbandingan Camera ( Source : Blog.park camera )

DCIM103MEDIADJI_0116.JPG

Hasil DJI Mavic dengan ketinggian yang tidak terlalu tinggi agar detail bisa didapat ( follow IG saya @bukanrastaman )

DCIM100MEDIADJI_0185.JPG

Mavic kala malam

FullSizeRender 3

DJI Spark kala malam ( Pict by my friend Mr Yusuf

 

Untuk video bisa diklik disini

Harga ( DJI Mavic VS DJI Spark )

Ada banyak sekali tipe penjualan DJI Mavic dan DJI Spark. Yaitu DJI Mavic Pro biasa, dan DJI Mavic Pro Combo. Untuk DJI Spark pun sama, DJI Spark biasa ( Tanpa Remote ) dan DJI Spark Combo. Setiap tipe mempunyai keunggulan masing-masing. Yang jelas tergantung kebutuhan dan kantong kita. Berikut sedikit rangkumannya berdasarkan online shopping site Indonesia.

No Keterangan Yang didapat Kisaran Harga ( Idr )
1 DJI Mavic Pro Biasa Pesawat Mavic, Baterai, Remote Controler 12.000.000 – 14.000.000
2 DJI Mavic Pro Combo Pesawat Mavic, Baterai 3 buah, remote Controller 17.000.000 -19.000.000
3 DJI Spark dengan Remote Pesawat Spark, remote, baterai dan charger 10.000.000 – 13.000.000
4 DJI Spark Tanpa Remote Pesawat Spark 6.900.000 – 7.500.000

 

Kesimpulan dan sekelumit kata.

Pada dasarnya kamera yang baik juga harus didasari dengan siapa orang dibelakangnya. Mau itu Spark, atau Mavic jika memang dirimu lihai dalam komposisi dan bagaimana menentukan POI maka hasil dan kepuasan jiwa pun akan didapat dengan sempurna. Perihal nanti, kamu pengen jarak terbang tinggi, atau spesifikasi lain akan berjalan dengan kebutuhan masing-masing individu. Yang jelas, semua akan kembali kepada kebutuhan kita nanti. Bila kamu memilih DJI Mavic , kamu akan mendapatkan hasil video 4k dengan gimbal 3 axis yang lebih stabil. Jika kamu memilih Spark, kamu akan dapat kepraktisan, namun harus membeli remote agar jarak terbangmu menjadi sempurna, ditambah gimbal spark masih 2 axis dan video masih full hd. Semua tergantung selera, dan juga kantong kita seberapa.

Tetapi apapun itu, semoga tulisan saya ini berguna dan silahkan pilih mana yang kamu suka. Jika kamu memilhku, mohon maaf saya sudah laku dahulu.

Salam…..

Follow IG saya @Bukanrastataman, karena saya sedang bercerita tentang malam.

Screen Shot 2017-12-01 at 8.07.55 AM

 

Advertisements

28 thoughts on “Benarkah Kita membutuhkan Drone (Review DJI Spark Vs DJI Mavic)

  1. Baru liat video perbandingannya kirain sama eh waktu belok lebih smooth yang mavic karena udah 3 axis gimbal ya om? 😄 kayaknya spark juga lumayan oke buat foto aerial 😊

    Tapi tetep dua2nya belum sanggup kebeli 😂

    Ijin follow ignya om, foto2nya keceh semua 🙌

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s