Sate Kelapa Ibu Mariyam Terbaik di Surabaya

Aku masih ingat hari itu. Saat pagi yang tidak berisik menyapa kita. Menyempatkan menikmati Jalanan Surabaya, lalu menghabiskan waktu bersama. 

Untuk Sepiring Sate kelapa dan teh hangat. Cerita ini dibuat…

48eacb82-7f0f-44f0-b00f-2ef41fa6d9c1

Sate Kelapa

Saya adalah penggemar sate. Dari kecil saya menikmati bau asap dari hasil bakaran pedagang sate. Adonan bumbu kacang, bawang yang diiris tipis-tipis, lalu ditambahkan cacahan lombok kecil. Sebuah kejutan rasa, saat suapan demi suapan nasi masuk mulut, bersamaan dengan rasa pedas yang muncul saat kita melahap habis kenikmatannya.

Hampir 7 Tahun di Surabaya membuatku akrab dengan kota ini. Setiap sudutnya adalah kenangan. Bisa dibuka sewaktu waktu, agar aku selalu bersyukur pernah tinggal di kota Surabaya.

Bagi sebagian orang, saat saya bertanya sate kelapa terbaik di Surabaya. Maka beberapa teman pasti menyarankan untuk mencoba Ondomohen. Pusat sate kelapa nomor satu terbaik disana.

Sayangnya saya tidak sependapat, bagi saya Ondomohen hanya sebuah nama besar. Rasanya biasa saja. Mahal malah. Karena itu setelah setiap gang ditelusuri dan setiap gosip sate enak didatangi, akhirnya sampailah pada sate Surabaya terbaik dengan rasa nikmat tetap terjaga.

Nama sate kelapanya adalah Sate Umi Maryam. Saya dan istri mengenalnya dari cerita warga sekitar tempat istri bekerja dahulu. Hingga akhirnya saya pun mendatanginya. Letaknya pun mudah dijangkau. Di depan Stadion Tambaksari. Buka setiap hari Senin-Sabtu.

Disini, kita bisa merasakan bagaimana bumbu sate kelapa itu benar-benar luar biasa enak. Ditambah, dengan taburan kelapa pada sate dengan nasi hangat. Duh gusti sungguh kenikmatan sejati.

Untuk sepring sate harganya cukup murah. Berkisar 15-20 ribu. Tergantung sate mana yang kita pilih. Minumannya tidak bergamam, hanya teh hangat dan air putih. Tapi dipadu dengan nikmatnya rasa. Bagi saya sate Umi maryam adalah kesempurnaan.

725ad280-128f-48d6-8a0a-b57d1d034f95

Bentuk sate kelopo

df70f159-faa0-4147-9fd7-1930611af72b

Setelah disajikan

48eacb82-7f0f-44f0-b00f-2ef41fa6d9c1

 

115a72af-c9df-41a3-9f26-903127f2d713

Setelah dibakar

36dbbb0a-e09d-43df-a7c3-f5beec916275

proses pembakaran

cc051241-cf40-4419-a7e2-07a6853aa285

Ibu Mariyam

Advertisements

19 thoughts on “Sate Kelapa Ibu Mariyam Terbaik di Surabaya

  1. *cobaan di waktu Subuh ndelok fotone dadi ngiler
    Aku pernah nyoba sate klopo ibuk ini. Enak ancene. Tapi langgananku di pasar karangmenjangan (soale cedak kosan), sing dodol buk ibuk Meduro asli. Jadi aku lek tuku boso Meduroan. Lumayan entuk tambahan setusuk dua tusuk 😅 Sate klopo ancene ngangeni, aroma kelapanya sedaapp. Duh piye iki dadi pengen. Ga isok nggawe dewe, males. Ga onok sing dodol pisan nang kene.

      • Ga onok jenenge rasa2ne. Yo cuma ibuk Medunten dodolan nang pasar karangmenjangan. Pasare nang pinggir dalan. Bukan pasar sing nang njero. Lek teko arah Dharmahusada belok kiri, nah pasare sebelah kiri sepanjang dalan sampe hampi belokan nang Wapo.

  2. Kalau di Palembang, palingan dimakan pake lontong. Bisa sih pakai nasi kalau di rumah (satenya bungkus hwhwhw) tapi kalo makan di tempat umumnya jarang tersedia nasi. Dan ini kali pertama aku dengar soal sate kelapa. Ngebayangin aroma kelapa yang ikut terbakar, slrupp, iler meluncur deh hahaha.

  3. dulu pas aku ke sby, aku diajakin makan sate kelapa… aku gak inget sih di mana, cuma memang sate kelapa ini banyak yang jualnya..

    duh pas nyicip aroma bakarnya emang meresap… enak banget mas :))

  4. jajan di kaki lima itu memang khas tersendiri, barusan aku juga jajan di kaki lima nih mas alias angkringan punya temen hehehe..sate sama parutan kelapa…belum pernah nyoba..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s