Wisata Rasa 5 Kuliner terbaik di Pati Jawa Tengah.

Makan untuk hidup atau hidup untuk makan

Bicara mengenai makanan rasanya tidak ada habisnya. Apalagi makanan kampung halaman. Selain menu masakan tangan karya Bapak Ibu yang selalu bikin rindu. Saya juga selalu sempatkan mencoba masakan khas daerah saya bila pulang kampung, Jika setiap sudut kota adalah tentang kerinduan. Maka menjawab kerinduan terbaik adalah menikmati makanannya. Walau kita mengerti, makanan tradisional semakin lama akan terkikis arus perkembangan zaman.

Berikut 5 wisata rasa kuliner Pati yang bikin saya selalu ketagihan jika pulang kampung. Juga bagi kalian yang kebetulan lewat pantura. Β maka semoga bisa jadi rujukan untuk mencoba saat singgah di Kota Pati :
1. Nasi Gandul

Siapa yang tidak kenal Nasi Gandul. Jutaan orang yang lewat pantura dan mampir di Pati pasti pernah menyicipinya. Kenapa begitu yakin? Karena pati itu adalah Nasi Gandul. Dan Nasi Gandul adalah pati. Kalo Nasi Gandul favorit saya adalah Nasi Gandul romantis di dekat Terminal Rogowangsan. More info klik aja :

b01f0f22-be05-46ff-97b4-5ef224431683

Nasi Gandul

2. Ndas Manyung

Apakah kalian suka pedas? Jika jawabannya iya. Maka wajib untuk mencoba makanan ini. Dengan Kepala ikan manyung yang berkontur lembut dan halus. Maka Ndas Manyung dari Pati wajib kalian coba. Setiap suapan dengan sensasi pedas adalah berkah rasa yang tentu saja bisa kalian nikmati dengan suka cita. Kalo Ndas Manyung paling enak menurut saya ada di Warung (Pink) Juwana. Banyak pejabat besar yang mampir Pati pasti mencobanya. Saya jamin nikmat rasanya untuk kamu yang doyan pedas. Kamu, iya kamuu..

wpid-dsc9813_1-picsay

Ndas atau kepala Ikan Manyung

3. Soto Kemiri.

Soto kemiri adalah legenda. Konon makanan ini berasal dari Dukuh bernama Kemiri. Desa Satirejo. Dulunya tempat itu adalah hutan dengan hasil rempah Kemiri yang dibabat habis kemudian menjadi desa sampai sekarang. Hingga pada suatu zaman para warga tidak mampu membeli daging atau ayam untuk membuat soto. Sehingga akhirnya meraciklah mereka dengan bumbu kemiri sampai sekarang. Pada kenyataanya sekarang pun, pedagang soto Kemiri sudah menyediakan bagian ayam untuk disantap dengan rasanya yang mantap. Langganan saya untuk Soto kemiri adalah warung dekat Gereja Katolik Santi Jusup Pati dekat Kampus Stimik Aki.

dsc02714

Soto Kemiri Close Up

dsc02712

Pendamping Soto

dsc02709

Puanas Enaaak

4. Nasi Pedas

Julukannya aja sudah Nasi Pedas, tentu rasanya pun begitu. Bagi saya nasi pedas ini adalah makanan paling syahdu di Pati. Bukan apa-apa, makanan ini adalah makanan favorit Ibu saya yang selalu mampir untuk mencicipinya saat menjenguk nenek. Makanan ini berbentuk kuah dengan tempe Semangit, tahu yang dicampur didalamnya. Biasanya kamu dapat makan rempeyek udang, telur, tempe dan tahu untuk menemani menyantapnya. Sudah siap mencoba? Kalo favorit saya sih lokasinya Β ada di Wedarijaksa

dsc05542

Nasi Pedas Tempe semangit

5. Sego kucing ( Nasi Kucing ) Online Pak Arif

Walau nasi Kucing lebih akrab di amgkringan Jogja,Solo dan sekitarnya. Dengan slogan yang penting kongkow (nongkrong) bahagia. Maka kemarin saya menemukan nasi kucing yang nikmat dan berbeda. Sambelnya bukan teri atau tempe. Tapi sambel terong. Sungguh luhur sekali setiap racikannya. Bahkan saking doyannya saya sampai habis empat bungkus. Ditambah angkringnya online dan siap antar. Jadi kamu gak perlu repot untuk datang ke angkringan dan bingung bila tempatnya penuh. More info silahkan ditelp atau di Misscall nomornya. (Sms /wa : 085640093549). Tinggal tunggu di rumah dan nasi kucing siap diantar.

16265429_1586335178050354_5941399195818080967_n

Nasi kucing Online Pak Arif

 

Jadi sudah siap untuk wisata rasa saat singgah di Kota Pati. Semoga kalian menikmatinya dengan riang gembira

Advertisements

55 thoughts on “Wisata Rasa 5 Kuliner terbaik di Pati Jawa Tengah.

  1. Aku ngeri lihat Ndas Manyung T____T tapi ndas ndas ngunuku senengane makku hahaha. Masakan Pati apa juga manis mas? Aku agak-agak gak begitu cocok makan-makanan manis ala Jawa Tengah. Maklum aku udah manis hahaha.

    Dari sekian menu aku tertarik sama nasi pedasnya. Buka cabang nggak ehehhe?

  2. Wuih.. Angkringan udah ada yang online sekarang!

    Dari lima makanan di atas, baru nasi kucing yang udah aku cobain, Mas. Empat lainnya belum! Haha.. Kok nampak menggoda ya kepala ikan itu.. Walau namanya lucu :))

  3. walaupun tinggal di kampung tapi entah mengapa saya tidak pernah bosan dengan yang namanya pecel. kebiasaan saya adalah mencicipi pecel dari berbagai penjual yang ditemui. menurut saya biarpun sama-sama pecel tapi tiap penjual memiliki kekhasan tersendiri, pecel masih menjadi favorit sampai kapan pun hehehe

  4. Aku baru tahu jenis makanan bernama nasi Gandul… jadi penasaran pengin nyoba nasi Gandul Romantis. #omtraktirom

    Terusssssss sukaa dengan gambar paling bawah ; Sego kucing. *nelan ludah*

  5. Ampun Kakak… semuanya tampak nikmat banget, saya harus rela menggagalkan diet untuk bisa mencoba semua itu, tapi saya yakin tak akan menyesal, huhu. Pati banyak kuliner yang khas dan unik hanya ada di daerah sana ya. Saya jadi pengen balik lagi ke sana, dulu belum puas banget jelajahnya cuma sebentar (itu pun karena kondangan, haha). Terus belajar fotografi makanan sama dirimu, biar hasilnya bisa membuat pembaca kelaparan begini, haha.

  6. yang pernah aku rasakan yaitu nasi gandul, dulu di traktir sama kepala sekolah SMA N1 Pati, sayang waktu itu saya blm aktf ngeblog dan belum punya DSLR 😦 syedih gak bisa foto-goto kayak beginian πŸ˜€

  7. Ndas Manyung ini kalo di daerah saya bernama Ndas Jahan, ikan jahan itu sejenis/mirip ikan lele tapi dari air laut. Daging di kepala Manyung memang agak amis tapi kalo dimasak benar dan pedas, rasa dan lembutnya daging jadi luar biasa ya Mas..bisa bersisa tulang ajah..hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s