Nikmat Pedas Kuliner  Belut Khas Surabaya Di Jakarta

Apakah kamu orang yang percaya, bahwa makanan mampu mengingatkan kita pada suatu tempat paling berkesan dalam hidupmu?

Belut kering dengan sambal super pedas

Siang itu sedang panas-panasnya. Di Jumat berkah selepas shalat jumat bersama, saya diajak jalan oleh blogger kondang. Nama beliau Cumilebay.com. Jika belum tahu siapa beliau mungkin kamu harus segera meminta maaf kepada alam internet. Dan segera mengunjungi blognya. Karena disanalah kalian bisa melihat serpihan keindahan Nusantara dengan warna-warni memberi bahagia.

Mas Cumilebay dan Mbak Bakul welut

Hari itu tujuan kami adalah makan makanan pedas. Jelas sebagai penikmat makanan mahal disebabkan harga cabai yang naik gila. Menemukan warung makan pedas dan nikmat adalah sebuah kebahagiaan. Bukan apa-apa, karena makanan ini selalu mengingatkanku tentang tanah kenangan bernama Surabaya. Makanan kegemaran dengan menu belut goreng disambal. Siap disantap, dengan setiap keringat adalah tetesan kenangan yang pernah ada.

Nama warungnya bernama Belut Khas Surabaya. Letaknya di Jalan Layur Elok Jati. Pulau Gadung Jakarta Timur, dekat SMA 36 Jakarta. Selain itu cabnagnya juga ada di Ruko Sentra Niaga 3 Timur Boulevard Hijau Blok A3 no 29 Harapan indah Bekasi. Agak rumit tapi google map dan waze tentu mudah menemukannya.

Ruangan di tempat makannya tidak terlalu besar, namun sudah cukup nyaman. Ada banyak aneka masakan pecel sambel sebenarnya dijual disana. Tetapi karena saya, Mas Cumi dan Bu Jen pernah memadu kenangan di Jawa Timur khususnya Surabaya. Akhirnya kami memilih Pecel Sambel belut semua.

Sambel pedesnya bikin terangsang

Duh segernya

Disini Pecel Belutnya pun macam-macam. Ada pecel Belut Basah, Pecel Belut Elek dan Pecel belut Kering. Elek dan basah itu adalah tingkat kematangan belut digoreng. Kalau saya waktu itu pilih kering. Agar tulangnya pun bisa saya makan. (Maklum masa pertumbuhan!!

Udah bikin laper?

Sambel :

Ini yang paling penting, sungguh Belut Khas Surabaya sambelnya tidak pernah menipu. Bukan pakai merica atau jahe atau apalah perasa pedas yang hoax itu. Sambel disini asli dari cabai-cabai segar. Kami memesan untuk pecel sambel super pedas. Dengan asumsi tambahan harga sebesar Rp.8000. Tetapi itu tidak menjadi masalah. Karena sebagai alumni penikmat pedas dari kecil, rasa sambelnya sangat sensasional. Jancuuuuk pakai banget. Enak pedas dan pasti bikin nyerah kemudian ketagihan. Nyerah, ketagihan makan lagi. Nyerah ketagihan makan lagi. Sampai tidak sadar sudah habis nasi dua piring. dan dua gelas es ditambah terong pedas. Nikmat terasa.

160b6c43-69c3-4eac-985d-cf92a481c2fd

Sambel super pedas

Siap dihidangkan

Belut Goreng :

Belut goreng kering terasa nikmat, dengan potongan kulit bawang digoreng. Jujur perpaduan rasa tersebut sangat harmoni. Menyatu dalam lidah hingga benar-benar bikin pengen nambah. Kalau bukan lingkar perut yang membuat celana makin sesak maka pasti akan kuhabiskan lagi.

Ditaburi bawang putih enak bangeeet

Are you ready kids.

Bwangnya ini lo endeeees

Sebenarnya warung ini punya jam operasional cukup lama. Buka pukul 11 siang sampai pukul 9 malam. Tapi jangan salah, saking ramai dan penuhnya Isya saja kadang sudah habis. Jadi mending segera deh datang kesana. Rasakan rindumu akan suatu tempat dengan mencoba makanan yang enak dan nikmat ini.

Salam satu nyali. Wani !!!!

Daftar harganya

Instgramnya

Lagi diskusi Sambel

Advertisements

56 thoughts on “Nikmat Pedas Kuliner  Belut Khas Surabaya Di Jakarta

  1. Sumpah ini enak banget tapi kalo kenapa lebay mendiskripsikan diri ku hahaha.
    Btw kalo datang jangan terlalu malam, kadang jam 7 malam sudah habis. Mesti cobain sambel super pedas nya yg bisa bikin kelojotan. Tempat ini nagih banget

  2. saya seumur-umur belum pernah makan belut mas. Karena enggak ngerti ngolahnya haha *ibu2 macam apa ini?
    Tapi ngeliat postingan mas ini sumfeh lafar membaraaaaa rasanyaaaa…..aarrrgh aku ingin nyicipi ini mas…!

  3. Yu, postinganmu ini membuat pagiku muram kangen Surabaya huhuhu. Aku biasane mangan belut nang warung Kertajaya pinggir dalan (yo lek nang tengah dalan dilindes truk😅) karo nang mulyosari. Duuhhh belut iku ancene enaaakk Yu. Jos gandos lah pokok e. Isok koret2 lek mangan. Tapi memang sambelnya ya bintangnya. Ga onok belut nang kene (sebelum ditanya😅) jadi menikmati foto2mu yg bikin liurku kotos kotos 😆

  4. saya suka banget pecel belut surabaya ini, pernah buka di daerah saya .. senang banget .. ga perlu jauh2 .. eee… tapi tidak rame … dan ga bisa bertahan … tutup deh … ternyata selera pasar di daerahku tidak begitu suka

  5. Jancuuuuuukkk marakke aku ngiler, mas!!! Sama, aku juga fans sambel, cuma aku nggak terlalu maksain, pedes secukupnya aja hehehe. Daaaaaannn aku kangen mangan belut! Jaman kecil di Jogja suka makan belut goreng yang gurih dan kriuk kriuk nyoooyyy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s