Belajar Food Photograpy Bersama Marisa Djemat dan Aston Rasuna.

Makanan itu sakral. Banyak hal-hal besar muncul dari jamuan makan. Negoisasi perpindahan pasar, kumpul reuni dengan kawan, bahkan setiap pernikahan biasanya orang pasti selalu membahas makanannya. Hmm, betapa luar biasanya makanan bagi kehidupan. Simbol kemakmuran bahkan strata sosial.

Sabtu lalu tampak syahdu. Matahari tidak terlalu terik dan mendungpun tampak tidak begitu pekat. Saya menyempatkan memacu gerobak besi menuju Jakarta.Tepatnya di Hotel Aston Rasuna. Belajar banyak hal bagaimana khususnya manusia-manusia hebat membuat foto makanan. Menghadirkan karya seni agar mampu dilihat dengan indah, dan membaca apa yang disajikan dengan menghadirkan makna dalam setiap foto yang dapat diambil.

 

6ce87c8f-5908-4636-ad62-96d5ef853f17

Penang Curry Laksa taken with Sony a6000 helios lens Open wide. Rasanya mantap dan pas dilidah

Jalannya acara Food Photography Bersama Marisa Djemat

Acara pagi itu dibuka dengan Ramah oleh Bapak M.Isa Ismail  GM Hotel Aston Rasuna. Menjelasakan bagaimana industri hotel dan Blogger harus selalu bersinergi. Membawa tujuan yang sama untuk pariwisata Indonesia. Dibuka dengan ucapan salam Mbak Marisa, beliau menjelaskan bagaimana proses kreatif fotonya bisa muncul dengan luar biasa. Dan berikut sedikit beberapa penjelasan yang saya rangkum dari beliau.

  • Foto Bagus tergangung pada konsep, dan musim bisa menjadi pilihan:

Kita sadar bahwa musim di Indonesia hanya ada dua. Kalo tidak hujan pasti panas. Walau hanya dua jenis musim saja, itupun masih saja tidak pasti. Seperti cintamu, yang tak pernah tahu akan berakhir dimana #eh apa sih.

Yang jelas konsep dari foto makanan tergantung musim adalah saat sekarang bulan Desember. Dimana momen bulan terakhir akhir tahun ini biasanya tentang musim hujan dan Natal, jadi kita bisa memanfaatkan momen tersebut untuk membuat konsep makanan yang banyak dimakan saat hujan. Contoh seperti mie ayam, bakso dan sejenisnya. Begitu juga saat musim panas,dingin bahkan Semi. Tinggal bagiamana konsep yang akan kita terapkan dan inginkan.

untitled

Konsep Desember

 

  • Lighting yang bagus.

Harus kita sadari para fotographer adalah seorang pelukis. Yup, pelukis cahaya. Tanpa cahaya kita tidak mampu menghasilkan foto yang bagus. Sehingga pemanfaatan cahaya haruslah jeli dilakukan. Baik itu Avalaible Light. Atau cahaya buatan untuk studio. Nah khusus cahaya natural dari matahari, kita bisa memanfaatkan window light dengan waktu kisaran pukul 09.00-10.00 pagi untuk hasil yang pas.

d4734d66-0b68-4bbc-a495-7f3baa4873cc

Tuna Avocado Salad dengan lighting alami

  • Sudut Pandang/Komposisi Foto.

Banyak teori tentang komposisi, rule of third dan dengan segala jenisnya. Nah di Food photography kemarin. Mbak Marisa bilang bahwa komposisi yang bagus adalah bagaimana kreatifitas kita bekerja. Hingga saya  sampai pada sebuah kesimpulan dimana semua orang rasanya bisa untuk membeli kamera dan lensa mahal jika benar-benar mau. Tetapi, menghadirkan makna dalam setiap foto yang kita ambil itu belum tentu semuanya bisa, karena ada proses didalamnya. Proses kreatif, Proses berfikir dan Proses olah rasa yang harus dilatih. Nah, dalam sesi kemarin  mbak Marisa bilang bahwa melatih komposisi itu harus dilatih setiap tiap hari,  jadi mau makan dimana, dengan fasilitas  apa. Asahlah kreatifitas tersebut. Sehingga apabila ada yang kurang dari foto kita. Itu bisa diperbaiki kedepan.

d967639c-d37b-4c04-8401-e39974e626a5

Salah satu properti dapur juga bisa jadi penghias foto makanan kita

Peralatan pendukung.

Bagi yang mulai senang foto, Jelas kamera sangat dibutuhkan disini. Baik mirroles, DSLR dan kamera handphone. Tetapi kembali lagi, semua itu hanyalah alat. Karena kendali hasil ada pada kita. Jadi berkaryalah selalu, meskipun itu dengan keterbatasan. Sebagai bocoran lensa manual saya cuma seharga 500ribu. Tapi alhamdulilah saya terpuaskan dengan hasilnya dan mendapat hadiah voucher untuk foto terbaik pertama. hihihi

15541685_1372336682799581_8583923386683854126_n

Foto Oleh Mas Johan Alwi

 

Behind The Scene dan Asiknya Hotel Aston Rasuna

Setiap hasil yang bagus pasti didasari dengan proses. Nah dibalik foto-foto kece kemarin juga terdapat hasil-hasil dibalik layar, bagaimana ramainya para peserta, serunya canda tawa di setiap foto,dan gambaran serunya acara adalah seperti ini :

c5eb5f77-c874-4b55-b957-035fe9e547c3

Behind the scene

d2cbc674-3f07-4240-b467-217d45284fde

Mas  Teguh sang master sedang menganalisa komposisi

9039505f-332b-4205-845e-4e300aa190ed

Ciabitta Sandwich, Mantap nie olahannya.

d1b842b9-24f7-4ea3-b4cf-10835ea9a3cf

Nikmat rasa dan indah dalam penyajian

ea42c8b7-25a8-41e5-8b43-c54c882a61ed

Green Rasuna, minuman ini nikmat sekali. Favorit saya

 

TOUR HOTEL ASTON RASUNA

Setelah belajar seharian, kami akhirnya diajak keliling Aston Rasuna, disitu saya malah ingat perkataan teman saya seorang arsitek tata kota yang hebat. Bahwa Jika kamu tinggal suatu tempat,  pilihlah 3 hal yang penting. Yang pertama adalah lokasi, yang kedua adalah lokasi dan yang ketiga adalah lokasi.  Nah, kalo kamu menginap di Aston Rasuna, kamu mendapatkan 3 hal tersebut ditambah bonus yang keren. Yaitu fasilitas  yang sangat lengkap dan menyenangkan. Gak percaya, coba cek dibawah ini.

KAMAR YANG LUAS DENGAN BEBERAPA FASILITAS NYAMAN.

Untuk kelas apartemen Aston Rasuna, harga  dipatok berkisar antara Rp 930.000-Ro1.300.000 Dimana 1 apartemen terdapat 2 kamar, dengan fasilitas dapur lengkap.dan ruang tamu yang luas. Sehingga memang sangat nyaman untuk ditinggali. Biar lebih detail silahkan lihat gambanya :

DCIM100GOPROGOPR2667.JPG

Kamar Utama

 

DCIM100GOPROGOPR2670.JPG

Kolam renangnya manja

 Bagi kalian yang lelah setelah beraktifitas, disana juga terdapat  tempat cafe keren dan menyajikan rasa yang nikmat loh. Menu-menu yang kami foto itu juga terdapat di cafe tersebut. Namanya Mezza Resto Bar dan Lounge. Jadi bagi kamu yang pengen hangout manja ditambah pengen mencicipi makanan enak. Disitulah tempatnya. Untuk lebih lengkap alamat Aston Rasuna dan Mezza Cafe bisa cek alamat dibawah ini.

Komplek Apartemen Taman Rasuna Jl. H.R. Rasuna Said – Jakarta 12960
m: + 62 816 1720 3713
t : +62-21 – 8370 5555 f : +62-21 – 8378 6244
e : prm@AstonRasuna.com w : www.AstonRasuna.com

 

 

Advertisements

58 thoughts on “Belajar Food Photograpy Bersama Marisa Djemat dan Aston Rasuna.

  1. Wooooo dahsyat memang foto2nya mas
    Mampir kesini bikin aku makin yakin bahwa memotret memang masalah imajinasi dan kreatifitas. Kamera boleh sama, objek boleh sama, imajinasi dan kemampuan menangkap moment setiap orang pasti berbeda
    Juara banget deh lihat foto2nya

    Saya beruntung mendapat kesempatan belajar disini, semeja dengan para juara
    Btw selamat ya mas

  2. foto2 makanannya cantik bikin ngiler tapi kayak sayang buat dimakan,aku suka kuliner mas tapi belum paham soal foto2 makanan. ada quote menarik pas aku nonton drama Korea Jang Geum bahwa kita tidak boleh menggunakan makanan sebagai sarana kejahatan

  3. Senangnya bisa ikutan event-event ginian Mas, beruntung sekali rasanya..Kadang blogger di daerah merasa kepingin juga kumpul blogger lain untuk berbagi ilmu dan kisah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s