Segenggam Nikmat Mencicipi Kaledo Luwuk Sulawesi

Medical checkup saya mendapat tanda bintang kecil untuk kolestrol, melebihi nilai rujukan 0-200 mg/dl. Tetapi entah kenapa saya selalu kecanduan, melihat daging dimasak dengan sangat empuk, lalu sumsum yang disruput dengan serutan, bunyinya yang renyah membuat keinginannya untuk  mengulanginya menjadi timbul . Lagi dan lagi……

jakarta (1 of 1)-5

Sudah siap dengan petualangan rasa

Sulawesi Tenggah mempunyai makanan khas bernama Kaledo. Dengan kepanjangan kaki lembu donggala. Saat itu saya mencobanya di Luwuk, dengan rasa yang sungguh membuat saya tertarik untuk mengulanginya lagi. Dua kali saya mencicipi, dan dua kalipun saya ingin menuliskannya kembali, membagi pengalaman agar rasa tidak hilang ditelan waktu. Selalu ada dan  siapa tahu berguna bagi teman yang kebetulan kesana.

Kaledo nikmat

Ukuran Kaledo perbandingan dengan serutan

jakarta (1 of 1)

Perbandingan dengan mulut manusia, maknyuuuus

Masakan Kaledo Luwuk mempunyai olahan daging yang sangat empuk, setiap gigitan dagingnya tidak mebutuhkan energi  kuat untuk meleburkannya ke dalam mulut. Bahkan jika gigitannmu kau tambahkan kuah sebelum kunyahannmu selesai, itu seperti rasa yang sulit untuk diceritakan. Nikmat !.

Perpaduan yang paling saya suka adalah, kaledo, nasi, es jeruk dan kerupuk. saat menu tersebut tersaji di meja maka syukur yang besar membuncah di dalam dada. Dua menu andalan di Luwuk  selain ikan bakarnya yang selalu segar adalah Kaledo dan Konro. Bahkan teman bule saya berkata dia baru pertama kali melihat daging sebesar ini diolah sedemikian sempurna. Dan saya pun mengiyakan komentar beliau, setelah melihat piringnya habis tanpa sisa. Benar benar pengalaman yang luar biasa dengan negeri bernama Indonesia.

jakarta (1 of 1)-6

Om bule yang doyan

_DSC1220

Sumsunya disruput pake sedotan ya

kaledo

Siap disajikan

Jadi sudah makan apakah kalian hari ini?

Noted :

Konro dan kaledo di luwuk terdapat 2 tempat yang terkenal. Yaitu Jalan Garuda dan Dua saudara, Harganya pun relatif murah dan mudah ditemui di kota tersebut

 

Advertisements

44 thoughts on “Segenggam Nikmat Mencicipi Kaledo Luwuk Sulawesi

  1. Ya ampuuunn, mak sluruupp temenan iki Yu. Tapi aku ga makan daging, jadi cuma membayangkan kuahnya dikasih sambel akeh dan jeruk, uwenaak yo mestine. Aku baru makan siang ikan bakar dan sambel kecap

  2. sumsum dan sedotan kalo diatas meja udah jadi satu paket.. 😀
    belum pernah nyoba kaledo, dari fotonya sudah cukup menggoda…
    syemmm marai pengen.. 😛

      • waduh aku ngidam steak sejak hamil tp ngga boleh makan steak, kuatir blm matang, gitu. giliran udah lahiran, eh cek darah kok kolesterolku tuinggi buanget iki piye. jadi sampe skrg blm ksampean makan steak deh.

  3. Hahahaha gak beres banget nih post. pas aku lagi nahan nahan buat gak ngemil di kantor lalu muncul foto foto ini :’))) wis mboh! *tutup tab* *buka lagi*
    aku belom pernah makan sum sum yang pake sedotan gitu, penasaran tingkat dewa!

    piye iki? 😥

  4. Assalaamu’alaikum wr.wb, Wahyu…

    Kalau di Malaysia (semenanjung Malaysia), makanan tulang sendi sapi dinamakan Sup GearBox. harganya mengikut sebesar dan sebanyak mana kita mahu. Saya tidak bisa menyedut sumsumnya, terlalu berlemak. Hanya makan daging empuknya sahaja. Cuma harus hati-hati bagi yang mempunyai penyakit darah tinggi, bisa membawa maut kalau terlalu banyak makan.

    Liat foto di atas itu membuat saya lapar dan sudah lama tidak merasai sup seperti itu kerana di Sarikei tidak ada yang menjualnya. Untung ya di sana, bisa ditemui banyak makanan khas seperti itu.

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak.

    • walaikumsalam kakkk,

      mohon maaf baru balas.

      aku malah baru tahu ada sup gearbox, saya pengen banget ke malaysia.. semoga kalo ada waktu bisa kesana dan kita bersua ya kak

  5. Wenak mas…langsung laper lihat tulang dan daging2 menempel, sambil nyeruputin sumsumnya. Pelarian dulu deh, cari rawon balungan…sumpah pengen.

  6. Saya belum terlalu tua sih, tapi kayaknya udah mengurangi yang ginian meskipun terlihat sangat mengoda dan menggugah selera. Biasanya kalau nekad, leher terasa kencang, jari telunjuk terasa sakit dan kepala jadi migrain..mungkin ini yang namanya kolesterol ya Mas..jadi ngebayangin gurihnya kuah Kaledo..hehehehe…

  7. Saya baru mencoba Konro di Luwuk,
    kalau Kaledo ini belum saya coba, kata teman sih recomended juga.
    tapi liat psotingan mu mas, saya semakin yakin pengen mencobanya juga.

    Oiya, kalau ikan bakar di Luwuk, paling enak itu di RM. Sunu dekat pantai KM5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s