Mendesah Nikmat Menikmati Pepes Walahar Bersama Cumilebay.com

Makanan itu sakral. Dia bukan lagi sebuah simbol pemadam kelaparan semata. Dari makanan bisa muncul sebuah kebersamaan, dan dari makanan pula sebuah cerita bisa dituliskan, resep berusia setengah abad yang tetap terjaga untuk generasi kita dan masa depan.

pepes walahar

Persiapan Membakar Pepes

Saya harus bersyukur bisa satu meja makan dengan beliau. Seorang blogger terkenal ibukota, pencerita dan pembawa kegembiraan. Pengusaha dan sebuah panutan. Celetukannya yang cerdas selalu membawa tawa. Tak heran banyak brand besar meminang beliau. Sikapnya yang rendah hati adalah cermin kebesarannya.

Dalam dunia blogger siapa yang tidak kenal Cumilebay? Dialah yang memberi keberuntungan saya waktu itu, untuk bisa belajar banyak dari beliau. Menikmati rasa dari kayanya makanan nusantara.

cumilebay

Mas Cumilebay Panutan

Pagi itu mobil melaju dengan mulus dijalanan yang lenggang. Tujuan kami sederhana. Menikmati sebuah masakan tradisional Jawa barat. Pepes atau Pais merupakan suatu cara khas dari Jawa Barat untuk mengolah bahan makanan dengan bantuan daun pisang demi membungkus makanan beserta bumbunya. Dan kini pilihan itu  jatuh di Pepes Walahar, sebuah tempat makan dengan rasa dan kualitas terjaga,  lokasi tidak jauh dari Ibukota. Cocok untuk menghangatkan kebersamaan bersama keluarga dan sahabat.

Pepes Walahar haji dirja

Pepes Walahar

Terletak di daerah sekitar bendungan Walahar daerah Ciampel Karawang Jawa Barat. Rumah Makan Pepes Jambal Walahar Bp H Dirja merupakan salah satu primadona pepes disana. Maka tidak salah kami memilih rumah makan tersebut untuk memulai bedah rasa apa yang tersaji disana.

Pukul 09.00 Pagi kami sudah duduk manis di walahar, beberapa masakan sudah matang. Beberapa masih dipersiapkan. Hilir mudik pegawai menggoda kami untuk melihat proses memasak. Istimewa, hampir semua makanan dimasak secara traditional. Dari pengapian, peracikan bumbu sampai menanak nasi pun masih 80% dilakukan tanpa listrik. Tidak heran rasa pepes walahar tetap terjaga dari tahun ke tahun. Sedangkan menu pepesnya sendiri terdiri sebagai berikut:

  1. Pepes Jambal ( IDR 8K)
  2. Pepes Ayam ( IDR 14K)
  3. Pepes Peda ( IDR 8K)
  4. Pepes Ati empela
  5. Pepes Tahu
  6. Peppes Oncom
  7. Pepes Jamur

 

pepes walahar (3)

Pepes Jambal

walahara-1-7

Pepes Ayam

walahara-1-6

Pepes Ayam

picsart_1451264770532-1600x1241

Pepes Peda ( Source : Malesmandi.com)

Karena kami datang pagi, maka hanya 3 menu tersebut yang kami cicipi. Dan secara harga juga masih sekitaran itu, cukup murah menurut saya. Konon jawara rasa Pepes Walahar ada di Pepes jamurnya. Tetapi mencoba pepes ayamnya pun membuat ketagihan. Perpaduan sambal, nasi putih dan menu selain pepes berupa udang goreng adalah racikan sempurna untuk merayakan hari dari sebuah makanan.

Jadi sudah siap meninggalkan ibukota untuk mencoba Pepes Walahar?

 

walahara-1-8

lokasi

Advertisements

67 thoughts on “Mendesah Nikmat Menikmati Pepes Walahar Bersama Cumilebay.com

  1. Foto-fotonya mengundang selera, tapi, saya ndak suka pepes sayangnya. Punya pengalaman pepes keselek duri ikannya.

  2. aduhh ngiler… sayang jauh, buka cabang donk di jakarta, hehe
    dlu pernah makan juga di cirebon, makanan sejenis pepes juga dari tahu atau jamur, tapi disebutnya Intip Tahu, adanya di daerah Sindang Laut cirebon, isinya tahu pepes tapi ga tau kenapa namanya intip… mungkin harus diintip dlu sebelum dimakan jadi yaa disebut intip tahu :)))

  3. Kemaren sdh mau kesini bareng dita, nita dan gara nga kesampaian krn macet bgt. Hiksss.. sepertinya menggoda sekali. Salam kenal yach buat mas cumilebay. Sosok idola yang saat ini belum kesampaian utk dijumpai.

  4. Aku sih pernah semeja dengan om cumi, tapi sayang beliau nggak mendesah.
    >
    >
    >
    >
    >
    >
    Tapi sampe menggelinjang hahahaha.
    Ah payah ini makan makanan enak nggak ngajak-ngajak #eh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s