Bedah Isi Laut Pahawang

Saya bukanlah diver, tukang snorkle atau mungkin putra duyung ganteng bersuara merdu. Saya Cuma manusia biasa yang kebetulan menyukai laut seisinya…

DCIM110GOPRO

Mari lebih dekat dengan isi laut

Hujan deras di Jakarta menyapa kami malam itu, suasana macet terasa mencekik dompet karena ongkos uber yang semakin naik. Pikiran melamun, berharap hujan besok semoga tidak menyapa lampung. Cuaca cerah adalah impian,  Bagi kami yang ingin bercumbu dalam laut biru. Walau hujan sebenarnya adalah berkah dari Tuhan.

Rencana kita sama, walau kadang jalan hidup  berbeda. Hari ini kami pergi menuju Pulau Pahawang, ujung Sumatera Provinsi lampung Indonesia. Sebenarnya jarak tempuh dari Jakarta tidaklah jauh, disamping itu Pahawang merupakan tempat  indah, dengan biaya perjalanan bisa ditekan dan sensasi karangnya juga tidak kalah dari daerah terkenal di ujung negeri

Pukul 03.00 dini hari kita sampai di dermaga, beberapa rumah masih nampak rapat, tak ingin membuka pintu bagi kami para pencari cahaya. Bukan masalah sebenarnya untuk datang terlalu awal,  sembari menunggu pemilik kapal bangun kami masih menyempatkan tiduran di tanah dengan matras sebagai alas, tak ada bintang malam itu. Hanya sayup sayup suara dari langgar menandakan subuh akan segera dimulai…

Pahawang

Pahawang besar

Kapal berangkat dari dermaga Ketapang  pada saat pagi hari, tujuan kami kali ini adalah berenang di Tanjung Putus, Pahawang besar, Pahawang kecil, Pulau Mak Item dan Gosong tegal. Hampir semua tempat menyajikan karang indah, ikan berwarna warni dan ombak yang begitu tenang. Setiap hembusan nafas yang tertahan didalam air adalah takjub tak berkesudahan bahwa Tuhan begitu besar dengan segala ciptaaannya.  Ada gambaran lebih dari kata yang bisa dinikmati bersama, mari !!!:

GOPR6685.MP4_snapshot_00.46_[2015.11.19_10.18.49]-01_wm

Beberapa spot terdapat banyak ikan nemo yang mudah ditemui

pahawang dalam laut

Dancing with fish

nemo di pahawang

Tebak ada berapa nemo

GOPR8183.MP4_snapshot_00.14_[2015.11.19_09.47.30]-02_wm

Jaga karang jaga alam

gugusan kepulauan pahawang

Tumpukan Karang

underwater pahawang

follow instagram : bukanrastaman

GOPR8163.MP4_snapshot_00.20_[2015.11.19_09.49.15]-01_wm

Salam dari lautan

Noted :

  • Tidak sulit menuju pahawang, kalian dapat menggunakan beberapa operator atau berangkat sendiri tidur dengan tenda di kelagian/pulau pahawang.
  • Banyak spot karang indah di Pahawang, tolong jaga karangnya. Lalu jangan lupa tetap menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah di air laut
Advertisements

66 thoughts on “Bedah Isi Laut Pahawang

  1. foto-fotonya seru mas! pengen juga main ke pahawang.

    anyway, kalau boleh sharing, ngasih makan ikan dengan roti itu kurang pas karena akan mempengaruhi habit & rantai makanan mereka secara perlahan hehe.

    • makasih mas..

      noted mas, saya malah kurang tau soal itu, insyaallah gag akan saya ulang lagi, soalnya dari 2006 di karimun jawa hampir semua operator kasih makan pake roti, dan di pahawang juga sama.

      bener masukan yang bermanfaat kak

      • iya, banyak operator wisata yang begitu demi menyenangkan tamunya bisa foto underwater dikerubungi ikan.

        saya juga nambah tahu info ttg ekosistem laut setelah seminar dengan teman2 ilmu kelautan undip 🙂

  2. Duh fotonya bikin ileran Mas… bagus banget fotonya :)). Memang piawai sekali Mas ini kalau soal fotografi, mau dong di-share ilmu fotonya Mas, untuk menambah kualitas foto di blog saya :hehe.
    Terumbu karangnya cantik sekali, mudah-mudahan selalu terjaga kealamiannya. Mudah-mudahan dengan semakin terkenalnya Pahawang dan Lampung, alam di sana tidak rusak. Di satu sisi kok saya rasanya serbasalah ya punya keinginan ke sana? Antara pengen melihat secara langsung, tapi takut merusak alam yang ada di sana :hehe.

    • hahahaha aku juga masih belajar mas, ayolah kapan kapan kita kumpul dan sharing, saya juga diajari menulis.

      emang mas, kadang melihat fenomena piknik yang lagi tren banget membuat semua bikin tak terkendali, alam yang rusak pun akan ditinggalkan.. begitu seterusnya. kita jadi manusia haus akan keindahan tapi lupa menjaganya 😀 demi pemuas jejaring sosial..

  3. aku sukaaa sekali berenang ke laut dan di pahawang ini sebenarnya wishlist aku tapi belum sempat ke sananya gitu. udah tahu sih dari 3 tahun yang lalu, tapi namanya juga waktu yaaa.

    tahun depan coba, ah!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s