Bosen di Jakarta, yuk ke curug Cibengang

Suntuk dengan  jakarta dan tidak punya  banyak waktu untuk bepergian. Cobalah  pergi ke kota jonggol, agak lurus sedikit ada sebuah perkampungan bernama gunung batu yang menyajikan bukan hanya hamparan hijau menyegarkan pikiran, tetapi juga sebuah curug atau air terjun dengan keasrian tetap terjaga.

Sawah menuju curug

Sawah menuju curug

Masuk dalam kawasan kota  Bogor, desa Gunung Batu mempunyai potensi cukup bagus pada sektor wisata. Selain terkenal dengan sebuah bukit di desa gunung batu 1. Ternyata  disana juga  banyak terdapat keindahan tersembunyi . Ada air terjun yang konon mempunyai 13 tingkat. Hamparan hijau sawah, sungai jernih bahkan udara segar akan menyambut kita dengan begitu ramah. Lelahmu berjalan  terhapus dari lukisan  dari Tuhan. Penat pikiran mengenai macetnya ibukota  terganti oleh sebuah harapan. Mensyukuri nafas semesta walau kerinduan akan rumah masih di dalam angan.

Tropical forestt

Tropical forestt

Air terjun Cibengan dengan akses paling mudah terdapat pada tingkat 1 sampai 3.  Walau musim kemarau sekarang membuat debit air menjadi kecil, tetapi malah semakin jelas memperlihatkan perbedaan antar tingkatan curungnya. Beberapa kera  tanpa malu menyapa kami, benar benar sepi dan asri. Rimbun pohon, suara air mengalir terdengar jelas berbarengan detak jantung kita yang berdebar setelah lelah berjalan. Sayang kemarau cukup lama membuat air-air benar sedikit. Hingga ritual mandi saat menemukan sebuah air terjun pun harus diurungkan, karena kecilnya debit air tersebut.

Curug di musim kemarau

Curug di musim kemarau

curug cibengan

kemarau bang

curug cibengang

Kemarau bang

Akses paling mudah kesana adalah menggunakan mobil pribadi. tetapi kalian bisa mengikuti rute dibawah ini : (Sumber)

  1. Jika dari arah Cibinong, Cibubur, Bantargebang maka ambil arah ke Cileungsi.
  2. Setelah berada di Flyover Cileungsi, maka anda harus mengarah ke Jonggol melalui tempat wisata MEKARSARI dan Peum. Citra Indah.
  3. Ikuti jalan tersebut sampai anda menemukan pertigaan yang ada tugu BOGOR BERIMAN dan disana ada penunjuk arah ambil ke araha Cariu/Cianjur. atau belok kiri di pertigaan tersebut.
  4. Setelah kurang lebih 5 Km  ada pertigaan lagi namanya pertigaan Mengker . Letaknya dikanan jalan dan berdampingan dengan Minimarket alfamart dan Sekolahan.
  5. Segera anda belok kanan dan telusuri jalan tersebut tanpa harus belok-belok sejauh kurang lebih 20 km..
  6. Sampai akhirnya, anda akan melihat gunung batu tersebut pertanda akan segera sampai.
  7. Jika sudah dekat, maka fokukan penglihatan anda ke penunjuk jalan, namanya ” Jalan Gunung Batu” letaknya dikanan jalan.
  8. Maka sampailah kita di kaki Gunung Batu ditandai adanya warung jajanan. persis di bawah gunung batu.
  9. Titipakan kendaraan anda ke pemilik warung tersebut, Insya Allah aman.. dan jika ingin mengambilnya berilah tips sepantasnya karena tidak dipatok tarif.
  10. TAMBAHAN Jika anda bingung dan ragu akan rute kesana, jangan sungkan untuk tanya ke penduduk sekitar. Insya Allah, tidak akan disesatkan.
Advertisements

16 thoughts on “Bosen di Jakarta, yuk ke curug Cibengang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s