Menuju Alam Menikmati Curug Cikondang

Ada harga yang dibayarkan saat kita melewati  perjalanan yang sulit. Entah itu bernama keindahan, kejaiban atau pengalaman yang memang tidak bisa tergantikan sampai kapanpun.

image

Curug

Curug cikondag merupakan salah satu curug terbaik nusantara. Alamnya masih asri walau ada sisi negatif tentang pencemaran air karena ulah tambang emas traditional. Lokasi curug berdekatan dengan situs megalitikum gunung padang. Tetapi jalanya yang agak sulit  melatih mental  dan niat untuk menuju kesana.

image

Dari jauh

Hampir  7 km kita akan disuguhi rute jalan berbatu. Dengan bonus kebun teh sepanjang perjalanan. Selama menuju lokasi bersiaplah dengan segala kemungkinan, apalagi jika ban kendaraan kalian tiba-tiba  meletus. Maka dipastikan kita harus bisa  menggantinya sendiri jika tidak ingin berdiam pasrah disapa malam.

image

image

Disambut sawah sebelum di curug

Persawahan dengan jenis terasering. Suara gemuruh air  dan alam yang asri akan menyambut kita.  Melepaskan sejenak pikiran karena kepenatan kota.

Aliran air terlihat jernih, tetapi ketakutan akan merkuri yang digunakan untuk tambang emas tampak membayangi. Hingga membatalkan niat untuk mandi disana atau sekedar merasakan guyuran dari  airnya. Debit air terjun memangg  sedikit  dan tak begitu deras, tetapi itu semua tidak mengurangi bagaimana saya mengagumi alam Indonesia, untuk tetap berjanji dalam sumpah mencintai Tanah air .
image

image

image

Noted :

1.  Curug cikondang dapat ditempuh Menggunakan kereta dr jakarta, naek Krl jurusan bogor, lalu pindah KA pangrango menuju sukabumi. Disambung KA Siliwangi menuju ciancur dan turun ke stasiun Lampegan dilanjut ojek.

2, Tiket masuk dikelola warga lokal sendiri dengan harga 5 ribu rupiah

 

Advertisements

12 thoughts on “Menuju Alam Menikmati Curug Cikondang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s