Makam Kartini Dan Sebuah Cerita

Aku mau merdeka, mau berdiri sendiri agar tidak tergantung pada orang lain. ( R.A Kartini )

 

image

Patung Kartini di depan makam

 

Apa yang dapat kita berikan setelah kita mati? Diantara tumpukan tanah dan batu nisan yang menimbun jasadmu yang tak berdaya.

image

Makan kartini

Dari kecil nama beliau sudah tak asing lagi di dengar. Setiap tahun kita memperingatinya, merayakan dengan berbagai acara di Indonesia. Tapi pernahkah terbesit tanya dimanakah beliau dimakamkan? Lalu kenapa banyak kontroversi bahwa beliau juga tak layak jadi pahlawan dan harinya diperingati?

 

 

image

Depan Makam

 

Saat memasuki peristirahatan kartini kita akan disambut dengan patung beliau membawa sebuah buku. Tersirat di dalamnya Kartini tidak berperang dengan pedang. Dia juga tak pandai bermain senjata. Tetapi lingkungannya yang ningrat dan cara menuliskan buah pemikiran menjadikannya berperang tidak harus menggunakan senjata, tetapi dengan pena dan karya ternyata kita juga bisa melawan segala tirani.

image

Bunga Kartini

Banyak hal tak terawat di area makam. Mulai jalanan sampai beberapa bangunan sudah tampak lusuh. walaupun begitu tetap tak menutupi kecantikan tempat ini dan sejuta cerita di dalamnya.

 

image

Suasana Makam

 

image

Pendopo 

Pohon beringin besar tumbuh subur di area makam. Kotak amal  menyambut di depan pusara dan foto kenangan terpampang rapi mengelilingi pagar. Tampak harmoni dalam satuan karya.

image

Jangan lupa beramal

 

image

Nama lengkap beliau

 

 

Bau bunga dan irama doa terselip dalam mulut para peziarah.
Tak jarang beberapa mengambil gambar untuk diabadikan dalam lensa. Tetap hening walau banyak berlalu lalang orang. tetap berkesan seperti karyamu saat nafas masih berjalan.

Selamat jalan kartini. Terima kasih atas karyamu pada bangsa ini. Terang yang kau berikan setelah kegelapan. Semoga engkau terus terkenang.

image

Kartini

 

 

image

Penjual makan area makan

 

NOTED :
– Makam Kartini terletak di desa Bulu Kecamatan Bulu  17,5 Km ke arah selatan kota Rembang dengan lokasi yang mudah dijangkau.

– Makam kartini tidak dikomersilkan jadi untuk masuk area makam tanpa dipungut biaya apapun. Walau begitu jika kita datang jangan lupa untuk tetap memasukkan uang sumbangan sebagai perawatan area makam.

– Di sekitar makam banyak para penjual buku silsilah keluarga kartini. Belilah walau terkesan sepele kita dapat membantu ekonomi mereka.

Advertisements

54 thoughts on “Makam Kartini Dan Sebuah Cerita

  1. Kartini tetap pantas untuk kita kenang, nyatanya ketika ia sudah tiada, keberadaan pusaranya memberikan kehidupan bagi warga setempat..

  2. Pingback: Catatan perjalanan 2014 dalam kata | Bukanrastaman

  3. Mohon diberi tahu bagaimana kesana menggunakan kendaraan umum cak. Siapa tahu ada waktu yang pas buat kesana. Hehehe

    • wah kalo pake kendaraan umum kurang tau kak, kemarin bawa kendaaraan sendiri kebetulan

      tapi kalo sampeyan mau ke surabaya dari semarang atau sebaliknya, mungkin bisa turun ke Pantai kartini, terus tanya angkot menuju bulu kak 😀

  4. Begitu besar jasa kartini dan saya yakin semua tahu karena sudah sering di kenalkan di sekolah. apalah daya kita membalas jasa nya hanya bisa mendoakan yang terbaik untuk dirinya di atas sana 🙂 salam dari tasik kang

  5. Saya baru sempat mengunjungi museumnya di Jepara. Mengenai kontroversi layak atau tidak jadi pahlawan itu bagi saya tak berpengaruh. Beliau memang tak berjuang mengangkat senjata, tapi beliau berjuang dengan cara lain, mengharapkan kebebasan tiap manusia (putra/putri) untuk belajar.

  6. Wah iya juga ya. Kartini ini terkenal, di kenang, dan di peringati hari lahirnya sebagai hari nasional
    Tapi gatau di mana ia di makamkan.

    Thanks for sharing mba ^^

  7. prinsip hidup dalam kalimat paling atas itu makjleb dan jadi pegangan.
    selama bisa mengerjakan semua sendiri, aku kerjakan.
    Saking mandirinya pernah disindir suami, `kayaknya aku merasa kamu nggak butuh aku` huaaaaaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s